PERHATIAN : Maafkan kami bila ada kekurangan tapi kami akan memberikan yang terbaik buat para pengunjung, kami sangat membutuhkan kritik dan saran anda semua dan kami mohon silahkan tinggalkan KOMENTARNYA -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Makalah Filsafat Tentang Penelitian dan Penulisan Ilmiah

A. PENGAJUAN MASALAH
       Langkah pertama dalam suatu penelitian ilmiah adalah mengajukan masalah. Satu hal yang harus disadari bahwa pada hakikatnya suatu masalah tidak pernah berdiri sendiri dan berisolasi dari faktor-faktor lain. Secara oprasional suatu gejala baru dapat disebut masalah bila segala itu terdapat dalam suatu situasi tertentu.
Ilmu merupakan pengetahuan ilmiah yang dikembangkan secara kumulatif di mana setiap permasalahan dipecahkan tahap demi tahap sedikit demi sedikit.

         Identifikasi masalah merupakan suatu masalah tahap permulaan dari penguasaan masalah di mana suatu objek dalam suatu salinan situasi tertentu dapat kita kenali sebagai suatu masalah.

Dengan demikian maka secara kronoloogis dapat kita sampaikan enam kegiatan dalam langkah pengajuan masalah sebagaimana tampak di bawah ini.

B. PERUMUSAN KERANGKA TEORITIS
         Setelah masalah berhasil dirumuskan dengan maka langkah kedua dalam metode ilmiah adalah mengajukan hipotesis. Hipotesis merupakan dugaan atau jawaban sementara terdapat permasalahan yang diajukan. Cara ilmiah dalam memecahkan persoalan pada hakikatnya adalah mempergunakan pengetahuan ilmiah sebagai dasar argumentasi dalam mengkaji persoalan agar kita mendapatakan jawaban yang dapat diandalkan.
           Secara ringkas maka langkah penyusunan kerangkan teoritis dan pengajuan hipotesisi ini dapat dibagi ke dalam kegiatan – kegiatan sebagai berikut :
  1. Pengkajian mengenai teori – teori ilmiah yang akan dipergunakan dalam analisis.
  2. Pembahasan menganai penelitian – penelitian lain yang relevan
  3. Penyusunan kerangka berfikir dalam pengajuan hipotesis dengan mempergunakan premis – premis dengan menyatakan secara tersurat postulal, asumsi dan prinsip yang dipergunakan.
  4. Perumusan hipotesis
C. METODOLOGI PENELITIAN
         Setelah kita berhasil merumuskan hipotesis yang diturunkan secara deduktif dari pengetahuan ilmiah yang relevan maka langkah berikutnya adalah menguji tersebut secara empiris.
       Metodologi adalah pengetahuan tentang metode – metode, jadi metodologi penelitian adalah pengetahuan tentang berbagai metode yang dipergunakan dalam penelitian, salah satu metode yang harus ditentukan dalam metodologi penelitian ini adalah metode penelitian.
--------------------------------------
Download File [42KB-Doc] | mediafire | pass : makalah7.blogspot.com |
---------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar