PERHATIAN : Maafkan kami bila ada kekurangan tapi kami akan memberikan yang terbaik buat para pengunjung, kami sangat membutuhkan kritik dan saran anda semua dan kami mohon silahkan tinggalkan KOMENTARNYA -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Makalah Fiqih Tentang Sholat Tahajud

Latar Belakang

Ibadah sunnah adalah ibadah yang apabila dikerjakan mendapat pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.

Identifikasi Masalah

Umumnya, Shalat tahajjud dikerjakan karena seseorang sedang mempunyai masalah dalam hidupnya atau karena semata-mata ingin
mendekatkan diri dan mendapatkan ridho Allah SWT. Dari uraian di atas, penyusun mengidentifikasi masalah sebagai berikut:

Alasan-alasan seseorang melakukan Shalat tahajjud
Alasan-alasan seseorang tidak melakukan ibadat Shalat tahajjud

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui lebih dalam tentang sholat tahajjud dan alasan-alasan orang melakukan dan tidak melakukan shalat tahajud.

Ruang Lingkup Masalah

Agar masalah penelitian tidak terlalu luas dan lebih terfokus pada masalah dan tujuan penelitian maka dengan ini penulis membatasi masalah penelitian hanya pada ruang lingkup shalat tahajud.

Metode Penelitian

Untuk memperoleh data bahan penelitian makah ini, penulis menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu masyarakat atau kelompok orang tertentu atau gambaran tentang suatu gejala atau lebih (Atheron dan Klemmack: 1982).Biasanya penelitian deskriptif dimulai dengan mendesain penelitian, pengumpulan data, pengolahan data sampai penyajian data.
Adapun azas teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah sebagai berikut:

Penelitian Lapangan

Merupakan penelitian dengan cara penelitian langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan dari objek penelitian. Hal ini dilakukan dengan beberapa cara yaitu sebagai berikut:

Wawancara

Adalah pengumpulan data dengan mengajukan pertanyaan secara langsung oleh pewawancara (pengumpul data) kepada responden, dan jawaban-jawaban responden dicatat atau direkam (Soehartono Irwan DR: 1995).

Observasi

Secara luas, observasi atau pengamatan berarti setiap kegiatan untuk melakukan pengukuran (Soehartono Irwan DR:1995). Atau observasi disebut pula dengan pengamatan, meliputi kegiatan pemusatan perhatian terhadap sesuatu objek dengan menggunakn seluruh alat indera (Arikunto Suharsimi Dr:1989).

Penelitian Kepustakaan

Yaitu penelitian yang dilakukan melalui kepustakaan, mengumpulkan data-data dan keterangan melalui buku-buku dan bahan lainnya yang ada hubungannya dengan masalah-masalah yang diteliti.
-------------------------
Download File [80KB-Doc] |mediafire|pass : makalah7.blogspot.com |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar