PERHATIAN : Maafkan kami bila ada kekurangan tapi kami akan memberikan yang terbaik buat para pengunjung, kami sangat membutuhkan kritik dan saran anda semua dan kami mohon silahkan tinggalkan KOMENTARNYA -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Makalah Ilmu Pendidikan

DAFTAR ISI
Pendahuluan, Batasan Masalah,Pengertian Manajemen Sekolah,Manajemen berbasis sekolah, Manfaat manajemen berbasis sekolah, Pengaruh penerapan MBS terhadap kewenangan, pemerintah pusat (Depdiknas), dinas pendidikan, daerah, dan dewan Manajemen sekolah, Syarat Penerapan manajemen berbasis sekolah, Hambatan Dalam Penerapan MBS, Manajemen Berbasis se kolah Yang berhubungan, Prestasi Belajar Murid, Bagaimana Agar MBS Meningkatkan Prestasi Belajar, Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui, Penerapan MBS, Kesimpulan, Daftar Pustaka


Sekilas Isi
A. Latar Belakang
Sekolah adalah salah satu dari Tripusat pendidikan yang dituntut untuk mampu menjadikan output yang unggul, mengutip pendapat Gorton tentang sekolah ia mengemukakan, bahwa sekolah adalah suatu sistem organisasi, di mana terdapat sejumlah orang yang bekerja sama dalam rangka mencapai tujuan sekolah yang dikenal sebagai tujuan instruksional.

Batasan masalah :
  1. Apa itu Manajemen Sekolah
  2. Apa yang dimaksud dengan manajemen berbasis sekolah (MBS)
  3. Apa manfaat manajemen berbasis sekolah (MBS)
  4. Apa Pengaruh penerapan MBS terhadap kewenangan pemerintah pusat (Depdiknas), dinas pendidikan daerah, dan dewan sekolah?
  5. Apa Syarat Penerapan manajemen berbasis sekolah (MBS)
  6. Apa karakteristik manajemen berbasis sekolah (MBS)
  7. Manajemen berbasis sekolah (MBS) sebagai proses Pemberdayaan

a. Pengertian Manajemen Sekolah
Istilah manajemen sekolah acapkali disandingkan dengan istilah administrasi sekolah. Berkaitan dengan itu, terdapat tiga pandangan berbeda; pertama, mengartikan administrasi lebih luas dari pada manajemen (manajemen merupakan inti dari administrasi); kedua, melihat manajemen lebih luas dari pada administrasi ( administrasi merupakan inti dari manajemen); dan ketiga yang menganggap bahwa manajemen identik dengan administrasi.

b. Manajemen berbasis sekolah
Sejak beberapa waktu terakhir, kita dikenalkan dengan pendekatan “baru” dalam manajemen sekolah yang diacu sebagai manajemen berbasis sekolah (school based management) atau disingkat MBS. Di mancanegara, seperti Amerika Serikat, pendekatan ini sebenarnya telah berkembang cukup lama. Pada 1988 American Association of School Administrators, National Association of Elementary School Principals, and National Association of Secondary School Principals, menerbitkan dokumen berjudul school based management, a strategy for better learning. Munculnya gagasan ini dipicu oleh ketidakpuasan atau kegerahan para pengelola pendidikan pada level operasional atas keterbatasan kewenangan yang mereka miliki untuk dapat mengelola sekolah secara mandiri.

c. Manfaat manajemen berbasis sekolah (MBS
MBS dipandang sebagai alternatif dari pola umum pengoperasian sekolah yang selama ini memusatkan wewenang di kantor pusat dan daerah. MBS adalah strategi untuk meningkatkan pendidikan dengan mendelegasikan kewenangan pengambilan keputusan penting dari pusat dan dearah ke tingkat sekolah. Dengan demikian, MBS pada dasarnya merupakan sistem manajemen di mana sekolah merupakan unit pengambilan keputusan penting tentang penyelenggaraan pendidikan secara mandiri. MBS memberikan kesempatan pengendalian lebih besar bagi kepala sekolah, guru, murid, dan orang tua atas proses pendidikan di sekolah mereka.

-------------------------------
Download File [115KB-Doc] |mediafire|pass : makalah7.blogspot.com |
-------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar