PERHATIAN : Maafkan kami bila ada kekurangan tapi kami akan memberikan yang terbaik buat para pengunjung, kami sangat membutuhkan kritik dan saran anda semua dan kami mohon silahkan tinggalkan KOMENTARNYA -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Makalah PAI Tentang Iman kepada Allah

DAFTAR ISI
Jilid, Kata Pengantar, Daftar isi, BAB I IMAN KEPADA ALLAH SWT, A Pengertian Iman kepada Allah SWT, B. Sifat- sifat Allah SWT, BAB II SIFAT TERPUJI, A Rendah hati, B Cermat, C. Sabar, D.Jujur, BAB III HARI RAYA IDUL FITRI, A Takbir, B Nairuuz dan Mahrajaan

Sekilas Isi
A. Pengertian Iman Kepada Allah SWT
      Iman artinya percaya. Iman kepada Allah SWT yaitu meyakini adanya dzat yang mah besar dan maha kuasa. Dia adalah tuhan semesta alam. Dia yang telah menjadikan langit dan bumi beserta isinya. Dia yang telah menghidupkan makhluk kemudian mematikannya. Dia pula yang memelihara dan memberi rezeki kepada seluruh makhluk-Nya.

B. Sifat-Sifat Allah SWT
       Allah itu maha suci dan maha sempurna. Sesuai dengan kesempurnaan-Nya, Dia memiliki sifat- sifat yang maha terpuji. Sifat-sifat itu meliputi wujud(dzat)dan perbuatan (af’al)-Nya. Tidakada sesuatu pun yang dapat menyamainya.

A. Rendah Hati
      Rendah hati mengandung pengertian tidak sombong dan tidak membanggakan diri. Sifat yangdemikian merupakan perwujudan sikap seorang muslim yang baik. Orang yang selalu rendah hati akan disayangi dan disegani oleh lingkungan masyarakatnya, karena dia sangat di perlukan dalam membina anggota masyarakat lainnya.

B. Cermat
     Cermat maksudnya teliti, hati-hati dan waspada dalam setiap tindakan. Orang yang cermat, hati dan fikirannya selalu bersih, serta tidak emosional. Dia selalu menimbang dan memikirkan langkah-langkah perbuatannya, baik dan buruk, manfaat dan madharat, serta akibat-akibat.

C. Sabar
      Sabar adalah sifat teguh hati, tidak mengeluh apabila ditimpa musibah atau kesulitan. Sabar adalah sikap jiwa yang penuh dengan keikhlasan. Orang yang sabar (shaabir) selalu bersungguh-sungguh dalam usaha, berdo’a dan bertawakal kepada-Nya.

Sikap sbar sebaiknya dibuktikan dengan perilaku (amaliyah) dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari.
1. Sabar Dalam Melaksanakan Ibadah
    Ibadah ialah menghambakan diri kepada Allah SWT dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala cegahan-Nya. 

2. Sabar Dalam Menolak Maksiat
      Dalam pergaulan di masyarakat sudah menjadi sunatullah (ketentuan Allah) ada orang yang berbuat baik serta mengajak kepada orag lain untuk berbuat kebaikan. Ada pula orang yang berbuat jelek (maksiat), mengajak orang lain supaya berbuat jelek seperti dirinya.

3. Sabar Ketika Dalam Menerima Musibah
       Dalam hidup ini tidak selamanya beruntung atau bahagia, tetapi pada suatu saat menerima kesulitan yang luar biasa, kecelakaan atau menerima bencana alam.

D. Jujur
       Jujur adalah sifat amanah dan benar, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Orang yang jujur adalah yang menjaga amanat atau kepercayaan dari orang lain yang dibebankan kepadanya. Sikap jujur siajarkan oleh ajaran Islam.
-------------------------------------
Download File [44KB-Doc] |mediafire|pass : makalah7.blogspot.com |
------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar