PERHATIAN : Maafkan kami bila ada kekurangan tapi kami akan memberikan yang terbaik buat para pengunjung, kami sangat membutuhkan kritik dan saran anda semua dan kami mohon silahkan tinggalkan KOMENTARNYA -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Makalah Sejarah Tentang Perang Salib

Sultan Saladin, Pahlawan Islam Di Perang Salib
          Dia di kenal sebagai raja, panglima perang yang jago strategi, pemimin umat dan sekaligus sosok yang santun dan penuh toleransi. Banyak menuskrip yang mencatat “Saladin Sang Raja Mesir” (Saladin King Of Egypt) sebagai simbol kekuasaan Eropa. Namanya tidak bisa di lepaskan dari sejarah perang salib yang membawa kejayaan islam. Sultan Saladin lahir dengan nama Salahidun Yusuf Ibn Ayyub di Tikrit, dekat sungai Tigris dari sebuah keluarga Kurdi.

Terlibat Dalam Perang Salib
        Sepeninggalan Nur Ad’din Saladin menjadi penguasa Damaskus, ia menikahi janda Nur Ad’din dan menaklukan 2 kota penting Aleppo dan Mosul. Saat menaklukan Aleppo 22 Mei 1176, nyawanya nyaris melayang karena usaha pembunuhan.
Juli 1187 Saladin menyerang kerajaan Jerusalem dan terlibat dalam pertempuran Hattin, ia berhasil mengeksekusi Reynald dan rajanya, Guy Of Lusiqnan. Dia kembali ke Jerusalem 02 Oktober 1187, 88 tahun setelah kaum salib berkuasa.

Perang Salib
          Perang salib pada hakikatnya bukan perang agama, melainkan perang merebut kekuasaan daerah. Hal ini di buktikan bahwa tentara salib dan tentara muslim yang bertukar ilmu pengetahuan. Skema penomoran tradisional atas perang salib memasukan 9 ekspedisi besar ke tanah suci selama abad ke-11 sampai dengan abad ke-13. “perang salib” lainnya yang tidak bernomor berlanjut hingga abad ke-16 dan berakhir ketika iklim politik dan agama di Eropa berubah secara signifikan selama masa renaissance.

Situasi Timur Tengah
         Keberadaan muslim di tanah suci harus di lihat sejak penaklukan bangsa Arab terhadap Palestina pada abad ke-7. ketika pada tahun 1009, Kalifah Bani Fatimiah, Al-Hakim Bin Amr Allah memerintahkan menghancurkan gereja makam suci (Church Of The Haly Sepulcher).

Penyebab Langsung
         Penyebab langsung dari perang salib pertama adalah permohonan kaisar Alexius I kepada Paus Urbanus II untuk menolong kekaisaran Byzantium menahan laju invasi tentara muslim ke dalam wilayah kekaisaran tersebut.a pada tahun 1071a, di pertempuran manzikert, kekaisaran Byzantium telah di kalahkan oleh pasukan muslim seljuk dan kekalahan ini berujung kepada di kuasainya hampir seluruh wilayah Asia kecil (Turki modern). Ketika perang salib di dengungkan pada tahun 1095, para pangeran Kristen dari Iberia sedang bertempur untuk keluar dari pegunungan Galicia dan Austria, Wilayah Basque dan Navarre, dengan tingkat keberhasilan yang tinggi, selama seratus tahun.

Sesudah Perang Salib Pertama
          Perang salib pertama melepaskan gelombang semangat persamaan paling suci sendiri di ekspresikan dengan pembantaian terhadap orang – orang Yahudi yang menyertai pergerakan tentara salib melintasi Eropa dan juga di perlakuan kasar terhadap pemeluk Kristen Ortehodox Timur. Kekerasan terhadap Kristen Ortodoks ini berpuncak pada penjarahan kota konstatinopel pada tahun 1024 dimana seluruh kekuatan tentara salib ikut serta. Selama terjadinya serangan – serangan terhadap orang Yahudi, pendeta lokal dan orang Kristen berupaya melindungi orang Yahudi dari pasukan salib yang melintas. Orang Yahudi sering kali di berikan perlindungan di dala gereja atau bangunan kristen lainnya, akan tetapi, massa yang beringas selalu menerobos masuk dan membunuh mereka tanpa pandang bulu.
--------------------------------------
Download File [35KB-Doc] | mediafire | pass : makalah7.blogspot.com |
---------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar