PERHATIAN : Maafkan kami bila ada kekurangan tapi kami akan memberikan yang terbaik buat para pengunjung, kami sangat membutuhkan kritik dan saran anda semua dan kami mohon silahkan tinggalkan KOMENTARNYA -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Makalah Sejarah Tentang Perkembangan Peradaban Mesopotamia

DAFTAR ISI
JILID,KATA PENGANTAR,DAFTAR ISI,BAB I PENDAHULUAN,A. Latar Belakang Masalah,Peradaban Lembah sungai Eufrat dan Tigris (Mesopotamia)1. Letak Geografis,2. Penduduk dan Masyarakat,3. Aksara,4. Pemerintahan Mesopotamia,B. Rumusan Masalah,1. Keadaan Daerah Mesopotamia,BAB II KERAJAAN – KERAJAAN YANG PERNAH MENGUASAI WILAYAH,A. Kerajaan Sumeria,B. Kerajaan Persia,C. Kerajaan Akkadia,D. Kerajaan Assyria,BAB III PENUTUP,A. Kesimpulan,B. Saran,

Sekilas Isi
A. Latar Belakang Masalah
Peradaban Lembah Sungai Eufrat Dan Tigris (Mesofotamia)
1. Letak geografis
         Daerah itu sekarang terletak di daerah irak. Mesopotamia berarti daerah yang terletak diantara dua aliran sungai yaitu sugai eufrat, dan sungai tigris. Daerah yang terletak diantara dua aliran sungai tersebut merupakan daerah yang subur. Diluar itu terbentang daerah gurun, yitu gurun hamad dan gurun nafud. Disebelah timurnya terdapat pegunungan elbrus dan kurdistan.
2. Penduduk dan Masyarakat
      Daerah disekitar mesopotamia didiami oleh bangsa – angsa yang termasuk rumpun bangsa semit, kehidupannya bersifat romadik.
3. Aksara
       Orang sumeria sudah mengenal abjad yang berupa huruf paku, huruf paku itu ditemukan pada sebuah prasasti yang berisi tentang hukum dan UU yang berlaku untuk mengatur kerajaan UU dan peraturan – peraturan hukum itu disebut UU hammurabi.
4. Pemerintahan Mesopotamia
        Mesopotamia terdiri dari beberapa negara kota. Negara kota adalah seorang raja merangkap sebagai kepala agama. Raja mengatur perekonomian dan memimpin pasukannya ke medan perang, sehingga peranan raja sangat penting.

B. Rumusan Masalah
1. Keadaan Daerah Mesopotamia
          Letak daerah mesopotamia ssangat baik. Daerah itu berkembang menjadi pusat perdagangan antara arab di selatan dan armenia di utara. Dan antara india / persia di timur dan mesir di barat. Menjelang tahun 220 SM, daerah mesopotamia kembali terpecah belah menjadi satuan – satuan kecil dan saling berperang salah satu kota yang menjadi pusat kebudayaan ialah Babilonia (babil).
--------------------------------------
Download File [40KB-Doc] | mediafire | pass : makalah7.blogspot.com |
---------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar